Memahami Pengertian Bauran Pemasaran dengan Sederhana

mix marketing, bauran pemasaran, 4p

Pengertian Bauran Pemasaran atau Mix Marketing. Definisi bauran pemasaran itu sederhana. Bauran Pemasaran adalah tentang bagaimana menempatkan produk yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan pada harga yang tepat.

Bagian yang sulit adalah melakukan semua hal tersebut dengan baik, karena Anda perlu mengetahui setiap aspek rencana bisnis Anda.

Komponen Bauran Pemasaran 4P

Bauran pemasaran didominasi oleh pemasaran 4P, yang selanjutnya mengalami evolusi menjadi pemasaran layanan 7P, dan 4 teori Cs yang dikembangkan pada tahun 1990an. Kita perkenalan saja yang paling sederhana yaitu bauran pemasaran versi 4P.

Produk yang tepat

Komponen bauran pemasaran yang pertama adalah Product.

Product (produk) adalah segala sesuatu yang merupakan hasil produksi yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dibeli, dikonsumsi, dilihat, atau dipegang. Produk terdiri dari brand name, design, sizes, packaging, services, feature, quality,  product variety,  warranties, and returns.

Secara sederhana, anda bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan seperti:

Apa yang diinginkan calon pelanggan dari layanan atau produk milik Anda?
Bagaimana cara pelanggan menggunakannya?
Dimana pelanggan akan menggunakannya?
Fitur apa yang harus dimiliki produk anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan?
Apakah ada fitur penting yang Anda lewatkan?
Apakah Anda membuat fitur yang tidak dibutuhkan oleh pelanggan anda?
Apa nama produk anda?
Apakah produk anda memiliki nama yang mudah diingat?
Berapakah ukuran atau warna yang tersedia?
Bagaimana produk anda dapat dinilai berbeda dari produk pesaing Anda?
Seperti apa produk pesaing anda itu?

Harga yang tepat

Komponen bauran pemasaran yang pertama adalah Price.

Price (harga) adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh konsumen untuk membeli produk atau mengganti hak milik produk. Harga meliputi payment period, credit terms, last price, discount, allowance, and retail price.

Secara sederhana, anda bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan seperti:

Berapa biaya yang anda keluarkan untuk menghasilkan produk anda?
Apa nilai keunggulan produk yang akan dirasakan oleh pelanggan?
Apakah menurut Anda penurunan harga sedikit dapat meningkatkan pangsa pasar Anda secara signifikan?
Bisakah harga produk saat ini bersaing dengan harga pesaing anda?

Lokasi atau Tempat Penjualan yang Tepat

Komponen bauran pemasaran yang pertama adalah Place.

Place (tempat) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat hasil produksi / sesuatu yang dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi locations,  channels, inventory, area coverage, transport, assortments.

Secara sederhana, anda bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan seperti:

Di mana pelanggan Anda mencari layanan atau produk Anda?
Apakah mereka berbelanja di mal, di toko batu bata dan mortir biasa, di supermarket, atau online?
Bagaimana cara Anda mengakses saluran distribusi yang beragam?
Bagaimana strategi distribusi Anda agar berbeda dari pesaing Anda?
Apakah Anda memerlukan tenaga penjualan yang kuat?
Apakah Anda perlu menghadiri pameran dagang?
Apakah Anda perlu menjual di toko online?

Cara Promosi atau Cara Penjualan yang Tepat

Komponen bauran pemasaran yang pertama adalah Promotion.

Promotion (promosi) adalah berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan dan menawarkan produk pada pasar yang dituju. Variabel promosi meliputi sales promotion, public relation,sales force, direct marketing, advertising,

Secara sederhana, anda bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan seperti:

Bagaimana Anda bisa mengirim pesan pemasaran ke calon pembeli Anda?
Kapan waktu terbaik untuk mempromosikan produk Anda?
Maukah Anda menjangkau audiens dan pembeli potensial Anda melalui iklan televisi?
Apakah sebaiknya menggunakan media sosial dalam mempromosikan produk?
Apa strategi promosi pesaing Anda?

Penjelasan lebih mendetail tentang variabel promosi adalah sebagai berikut :

a. Advertising : semua bentuk usaha presentasi nonpersonal untuk bagaimana calon pelanggan mau untuk membeli produk, layanan atau gagasan mereka. Biasanya dirancang oleh biro iklan untuk sponsor yang teridentifikasi, dan dilakukan melalui berbagai media.

b. Sales promotion :promosi jangka pendek untuk memberikan dorongan keinginan agar para pelanggan mau berinisiatif mencoba atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Promosi penjualan diimplementasikan untuk menarik pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang sudah ada saat ini, dan memanfaatkan peluang yang diungkapkan oleh riset pasar.

c. Public relations and publicity : berbagai program yang dibuat dengan tujuan mempromosikan, melindungi nama baik perusahaan dan juga produk yang telah dihasilkan.

d. Personal selling : Penjualan pribadi terjadi ketika seorang perwakilan penjualan bertemu dengan calon klien untuk tujuan bertransaksi.

Banyak perwakilan dari pihak penjual yang mengandalkan proses penjualan pribadi yang biasanya mencakup sembilan langkah. Proses penjualan bisa digunakan dalam pertemuan tatap muka dan telemarketing.

e. Direct marketing : Pemasaran langsung adalah bentuk iklan dimana penjual berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan melalui berbagai media termasuk pesan teks , email, situs web, iklan online, pemasaran database, selebaran, distribusi katalog, iklan surat kabar dan majalah sebagai serta iklan luar ruang. Di kalangan praktisi, juga dikenal sebagai respon langsung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s